Monday 29 March 2010

La Tahzan

Mari perhatikan kekanan dan kekiri,tidakkah Anda menyaksikan betapa banyaknya orang yang sedang mendapat cobaan dan musibah,dan betapa banyaknya orang yang sedang tertimpa bencana? Tak perlu jauh-jauh kita untuk menelusurinya,lihatlah tayangan berita di televisi ; berita kematian,berita kebakaran,berita pembunuhan,berita perampokan,berita persidangan,dan berita-berita bencana.Telusurilah,di setiap rumah pasti ada yang merintih,dan setiap pipi pasti pernah basah oleh air mata.

Sungguh,betapa banyaknya penderitaan terjadi,dan betapa banyak pula orang-orang yang sabar menghadapinya.Maka Anda bukan satu-satunya orang yang mendapat cobaan.Bahkan,mungkin saja penderitaan dan cobaan Anda tidak seberapa bila dibandingkan dengan cobaan orang lain.Berapa banyak di dunia ini orang yang terbaring sakit di atas ranjang selama bertahun-tahun dan hanya mampu membolak-balikkan badannya,lalu merintih kesakitan dan menjerit menahan nyeri.


Berapa banyak orang yang dipenjara selama bertahun-tahun tanpa pernah dapat melihat cahaya matahari sekalipun,dan ia hanya mengenal jeruji-jeruji selnya.

Berapa banyak orang tua yang harus kehilangan buah hatinya,baik yang masih belia dan lucu-lucunya,atau yang sudah remaja dan penuh harapan.

Berapa banyaknya orang yang menghuni Rumah Sakit Jiwa,karena penyakit 'kejiwaan'nya,dan bersyukur kita sekarang di karuniakan akal sehat,dan masih berpikir waras.Begitulah kehidupan di dunia ini,banyak penderitaan,kesengsaraan,cobaan,dan belum lagi mereka yang harus setiap saat menahan himpitan hidup.Dan bersyukur,bukan Anda orangnya...Amin.

Kini,sudah tiba waktunya Anda untuk memandang diri Anda mulia bersama mereka yang terkena musibah dan mendapat cobaan.Sudah tiba pula waktunya Anda menyadari bahwa kita diberikan kekuatan dan ketabahan di setiap cobaan dan ujian yang Allah S.W.T tujukan kepada kita semua,buktinya kita tidak sampai 'gila' dibuatnya.

Sebaliknya Anda mempersiapkan diri dengan selalu bermunajat hanya kepada Allah S.W.T karena Karunia dan Kebaikan-Nya,bersyukurlah kepada-Nya atas semua yang diberikan kepada Anda,bersabarlah atas semua yang diambil-Nya,dan yakinilah kemuliaan Anda bersama orang-orang menderita di sekitar Anda.Karenanya,bandingkanlah penderitaan Anda dengan penderitaan orang-orang disekitar Anda dan orang-orang sebelum Anda,niscaya Anda akan sadar bahwa Anda sebenarnya lebih beruntung dibanding mereka.Bahkan,Anda merasakan bahwa penderitaan Anda itu hanyalah duri-duri kecil yang tak ada artinya.
(La Tahzan)

0 comments: